kpu.singkawangkota.go.id

Diterbitkan pada Senin, 08 April 2019 22:38
Ditulis oleh Operator Web KPU


Bhayangkari Cabang Kota Singkawang menggelar sosialisasi kepemiluan dengan melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang, di Aula Polres Singkawang, Selasa (2/4/2019) siang.

Kegiatan sosialisasi yang diinisiasi oleh Bhayangkari ini, mengusung tema “Perananan Bhayangkari dalam menentukan pilihan yang bijak pada Pemilu 2019.”

“Yang kami harapkan dari Bhayangkari, peranannya tidak hanya dalam menentukan pilihan yang bijak. Tapi juga berperan aktif menjadi penyelenggara di tingkat TPS,” ujar Khairul Abror, Anggota KPU Kota Singkawang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Abror menyampaikan, kegiatan yang diinisiasi Bhayangkari ini sangat baik. Namun begitu, diharapkan tidak hanya bisa menentukan pilihan yang bijak. Tapi juga bisa berpartisipasi aktif, yakni sebagai penyelenggara.

“Untuk menjadi pemilih yang cerdas atau Bhayangkari yang bijak dalam menentukan pilihan, di antara syaratnya adalah harus memiliki kualitas dan kuantitas informasi yang memadai. Sehingga dapat menentukan pilihan yang bijak dan tepat. Dalam hal ini, mengundang KPU menjadi narasumber merupakan pilihan yang tepat untuk memenuhi persyaratan mendapatkan informasi yang memadai tentang pemilu,” ujarnya.

“Dan alhamdulillah ada beberapa ibu Bhayangkari yang menjadi anggota KPPS,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Abror memaparkan teknis pencoblosan dalam bilik suara. Ia menjelaskan bagaimana nantinya saat pencoblosan, suara yang dicoblos dinilai sah.

“Jadi surat suara jangan sampai dirusak, mencoblos dengan alat coblos yang bukan dari yang telah disediakan. Alat coblos menggunakan paku. Jadi ini harus diperhatikan oleh pemilih nantiny agar surat suara yang dicoblos sah,” ucap dia.

Sebelumnya, KPU telah melakukan sosialisasi ke beberapa lembaga dan komunitas mayarakat yang ada di Singkawang.

“Harapannya dengan sosialisasi tersebut, informasi kepemiluan dapat tersampaikan dengan baik ke berbagai komponen masyarakat. Dan kami sangat berharap partisipasi aktif masyarakat dalam menyukseskan Pemilu 2019,” tutur dia.

Pada akhir kegiatan yang dihadiri 200-an peserta, di antaranya hadir Ketua Bhayangkari Cabang Singkawang, Kristina Raymond, dan para ketua ranting Bhayangkari se-Kota Singkawang, Abror mengingatkan bahwa saat ini dalam masa perpanjangan pengurusan dokumen pindah memilih.

“Sejak 28 Maret 2019 lalu, berdasarkan putusan MK nomor 20, pengurusan pindah memilih diperpanjang hingga H-7 atau tepatnya 10 April 2019. Pengurusan ini sampai pukul 16.00 WIB. Kami berharap ini bisa dimaksimalkan untuk melindungi hak konstitusional oleh masyarakat,” tutupnya.

Kategori: