kpu.singkawangkota.go.id

Kotak Pesan

Email:
Perihal:
Pesan:
Berapa Jumlah Mata Orang Normal?
Ditulis oleh Operator Web KPU
Diterbitkan pada Selasa, 06 Agustus 2019 12:44

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar evaluasi fasilitasi kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Kampung Batu Villa & Resto, Singkawang, Selasa (6/8/2019) pagi.

 

Kegiatan tersebut untuk mengevaluasi kegiatan kepemiluan, khususnya terkait dengan kampanye yang difasilitasi oleh pihak KPU kepada peserta Pemilu 2019. Dan sebagai evaluasi untuk Pemilu dan Pilkada mendatang.

 

 

 

“Secara khusus atau spesifik, kegiatan ini membahas fasilitasi kampanye yang dilakukan dengan tujuan untuk Pemilu dan Pilkada yang akan datang. Apakah masih akan diberlakukan fasilitasi tersebut,” ujar Ketua KPU Kota Singkawang, Riko, dalam sambutannya.

 

Diketahui, dalam Pemilu 2019, KPU memfasilitasi kegiatan kampanye khususnya dalam hal alata peraga kampanye (APK).

 

“Yang difasilitasi oleh KPU adalah baliho dan spanduk. Difasilitasi dan dicetak oleh KPU berdasarkan desain yang disampaikan oleh peserta Pemilu, yang selanjutnya dipasang di zona yang telah ditentukan oleh Pemkot,” kata Riko.

 

Hasil dari evaluasi yang dikemas dalam focus group discussion (FGD) ini adalah rekomendasi. Adapun kegiatan melibatkan Pemkot Kota Singkawang, Bawaslu, Polres, Kesbang, Satpol PP, dan peserta Pemilu.

 

Materi evaluasi di antaranya, fasilitasi APK, pengawasan, perizinan kampanye, dan zona pemasangan APK

Ditulis oleh Operator Web KPU
Diterbitkan pada Selasa, 16 Juli 2019 12:42

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang melaksanakan kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan pemilihan umum tahun 2019 di Aula KPU Kota Singkawang, Selasa (16/7/2019) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh lima anggota KPU, pimpinan Bawaslu Kota Singkawang, perwakilan Polres dan Kodim 1202/Singkawang.

 

Ketua KPU Kota Singkawang, Riko, mengatakan kegiatan ini sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) nomor 11 tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri Dalam Penyelenggaraan Pemilu dan PKPU nomor 10 tahun 2019 tentang Perubahan Keempat atas PKPU nomor 7 tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu tahun 2019.

“Dan berdasarkan surat edaran (SE) KPU RI nomor 942, perihal pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan,” ujarnya saat menyambutan sambutan kegiatan.

Riko menjelaskan, KPU menggunakan hasil kegiatan penyusunan daftar pemilih Pemilu tahun 2019 sebagai bahan dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

“Proses pemutakhiran ini digunakan sebagai bahan penyusunan daftar pemilih untuk pemilihan umum atau pemilihan gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota berikutnya,” terang dia.

Anggota KPU Kota Singkawang, Umar Faruq, menambahkan hasil kegiatan penyusunan daftar pemilih dalam Pemilu tahun 2019 ini meliputi daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih khusus (DPK) Pemilu 2019.

“Sebagaimana diketahui, DPT Singkawang sebanyak 160.753 pemilih. Selanjutnya, KPU akan melakukan penyesuaian DPT dalam sistem informasi data pemilih (Sidalih) sesuai dengan hasil pleno penghitungan suara tingkat nasional (formulir Model DD1-PPWP),” jelasnya.

Di samping DPT, KPU juga mempersiapkan DPK untuk diinput ke dalam Sidalih. DPK tersebut bersumber dari formulir Model A.DPK-KPU. Umar menuturkan, untuk mempersiapkan DPK yang akan diinput ke Sidalih, KPU membuka kotak guna mengambil formulir tersebut.

“Pada hari ini juga (Selasa, 16 Juli 2019) kami melakukan pembukaan kotak untuk mengambil formulir Model A.DPK-KPU, dengan berkoordinasi dan disaksikan langsung oleh pihak Bawaslu dan kepolisian. Proses pembukaan dan pengambilan formulir ini nantinya akan dituangkan dalam berita cara (BA), dan selanjutnya kami laporkan ke KPU Provinsi,” terang Umar.

“Sebagaimana diketahui, DPK di Singkawang hasil penetapan sebanyak 2.880 pemilih.

Ditulis oleh Operator Web KPU
Diterbitkan pada Selasa, 30 Juli 2019 11:54

Senin 29 Juli 2019, Komisi Pemilihan Umum Kota Singkawang resmi menetapkan 30 Anggota Legislatif terpilih DPRD Kota Singkawang bertempat di Swiss Bellin Kota Singkawang.

Adapun ke-30 nama calon terpilih anggota DPRD Kota Singkawang hasil Pemilu 2019 berdasarkan daerah pemilihan (Dapil):


Dapil 1 (Singkawang Barat)

PDI Perjuangan: Sujianto dan Anton Triady

NasDem: Sumberanto Tjitra, S.H

PKS: Afriza Rusandi RS, S.E

Hanura: Herry Kin, S.H

PKB: Dewi Sartika

Gerindra: Dido Sanjaya, S.H

PSI: Tio Nurita

 

Dapil 2 (Singkawang Tengah)

PDI Perjuangan: Su Mian, S.Sos., M.Si

NasDem: Tjung Kie Tjhin

PKS: Sodi M Idris

Hanura: Husin

PKB: H. Abdul Mutalib, S.E., M.E

Gerindra: Tasman, S.Pd

Golkar: Sitti Syamsiah Hutapea, S.Hut

Demokrat: Drs. Tavip Putra Purba

 

Dapil 3 (Singkawang Timur dan Utara)

PDI Perjuangan: Rusdi

NasDem: Anewan, S.Pd.K

PKS: Paryanto, S.E

Hanura: Veni Selfiati

Golkar: Elzi Syaiyid, S.AB., M.M

PPP: Eka Candra

PAN: Muhammadin, S.E

 

Dapil Singkawang 4 (Singkawang Selatan)

PDI Perjuangan: Lie Khian Loy, S.H

NasDem: Kon Jun Fui dan Susi Wu

PKS: Sesanti Pantharai

Hanura: Noordimin

PKB: Reni Asmara Dewi, S.H

Demokrat: Theresia Pones, S.Pd.

Ditulis oleh Operator Web KPU
Diterbitkan pada Senin, 08 April 2019 22:38


Bhayangkari Cabang Kota Singkawang menggelar sosialisasi kepemiluan dengan melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang, di Aula Polres Singkawang, Selasa (2/4/2019) siang.

Kegiatan sosialisasi yang diinisiasi oleh Bhayangkari ini, mengusung tema “Perananan Bhayangkari dalam menentukan pilihan yang bijak pada Pemilu 2019.”

“Yang kami harapkan dari Bhayangkari, peranannya tidak hanya dalam menentukan pilihan yang bijak. Tapi juga berperan aktif menjadi penyelenggara di tingkat TPS,” ujar Khairul Abror, Anggota KPU Kota Singkawang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Abror menyampaikan, kegiatan yang diinisiasi Bhayangkari ini sangat baik. Namun begitu, diharapkan tidak hanya bisa menentukan pilihan yang bijak. Tapi juga bisa berpartisipasi aktif, yakni sebagai penyelenggara.

“Untuk menjadi pemilih yang cerdas atau Bhayangkari yang bijak dalam menentukan pilihan, di antara syaratnya adalah harus memiliki kualitas dan kuantitas informasi yang memadai. Sehingga dapat menentukan pilihan yang bijak dan tepat. Dalam hal ini, mengundang KPU menjadi narasumber merupakan pilihan yang tepat untuk memenuhi persyaratan mendapatkan informasi yang memadai tentang pemilu,” ujarnya.

“Dan alhamdulillah ada beberapa ibu Bhayangkari yang menjadi anggota KPPS,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Abror memaparkan teknis pencoblosan dalam bilik suara. Ia menjelaskan bagaimana nantinya saat pencoblosan, suara yang dicoblos dinilai sah.

“Jadi surat suara jangan sampai dirusak, mencoblos dengan alat coblos yang bukan dari yang telah disediakan. Alat coblos menggunakan paku. Jadi ini harus diperhatikan oleh pemilih nantiny agar surat suara yang dicoblos sah,” ucap dia.

Sebelumnya, KPU telah melakukan sosialisasi ke beberapa lembaga dan komunitas mayarakat yang ada di Singkawang.

“Harapannya dengan sosialisasi tersebut, informasi kepemiluan dapat tersampaikan dengan baik ke berbagai komponen masyarakat. Dan kami sangat berharap partisipasi aktif masyarakat dalam menyukseskan Pemilu 2019,” tutur dia.

Pada akhir kegiatan yang dihadiri 200-an peserta, di antaranya hadir Ketua Bhayangkari Cabang Singkawang, Kristina Raymond, dan para ketua ranting Bhayangkari se-Kota Singkawang, Abror mengingatkan bahwa saat ini dalam masa perpanjangan pengurusan dokumen pindah memilih.

“Sejak 28 Maret 2019 lalu, berdasarkan putusan MK nomor 20, pengurusan pindah memilih diperpanjang hingga H-7 atau tepatnya 10 April 2019. Pengurusan ini sampai pukul 16.00 WIB. Kami berharap ini bisa dimaksimalkan untuk melindungi hak konstitusional oleh masyarakat,” tutupnya.

Menuju Pilkada Kota Singkawang

KPU Kota Singkawang

KPU KOTA SINGKAWANG