kpu.singkawangkota.go.id

Singkawang  - Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu Serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menyelenggarakan Pagelaran Seni Budaya menyongsong satu tahun penyelenggaraan Pemilu 2019 pada hari Sabtu (21/4/2018) Pukul .19.30 Wib. Pagelaran seni dan budaya digelar di halaman mess daerah Kota Singkawang. 

"Kegiatan ini untuk menarik simpati masyarakat Khususnya Kota Singkawang tentang pentingnya menyalurkan hak suara dalam pemilu nanti, tepatnya tanggal 17 April 2019 " kata Ketua KPU Ramdan S.Pd.I, M.Pd. Kegiatan ini pula merupakan pencanangan kegiatan Pemilu 2019,  dimana Pemilu 2019 untuk memilih anggota DPD, DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilaksanakan serentak tanggal 17 April 2019. Untuk penyelenggaraan tahapan Pemilu Serentak 2019, KPU RI telah menetapkan 4 daerah pemilihan ( Dapil ) untuk pemilihan Anggota DPRD Kota Singkawang. Keempat Dapil tersebut adalah ;

Dapil Kota Singkawang 1 yaitu Kecamatan Singkawang Barat dengan 8 kursi yang di perebutkan.

Dapil Kota Singkawang 2 yaitu Kecamatan Singkawang Tengah dengan 8 kursi yang di perebutkan

Dapil Kota Singkawang 3 yaitu Kecamatan Singkawang Timur dan Kecamatan Singkawang Utara  dengan 7 kursi yang di perebutkan

Dapil Kota Singkawang 4 yaitu kecamatan Singkawang selatan dengan 7 Kursi yang di perebutkan

 

Lanjutnya, ada 16 partai politik yang mendaftar di KPU dan akan ikut Pemilu 2019 nanti yaitu ;

Nomor Urut 1 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA ( PKB ), Nomor Urut 2 PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA ( GERINDRA ), Nomor Urut 3 PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN ( PDI-P ), Nomor Urut 4 PARTAI GOLONGAN KARYA ( GOLKAR ), Nomor Urut 5 PARTAI NASDEM, Nomor Urut 6 PARTAI GERAKAN PERUBAHAN INDONESIA ( GARUDA ), Nomor Urut 7 PARTAI BERKARYA, Nomor Urut 8 PARTAI KEADILAN SEJAHTERA ( PKS ), Nomor Urut 9 PARTAI PERSATUAN INDONESIA ( PERINDO ), Nomor Urut 10 PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP), Nomor Urut 11 PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA ( PSI ), Nomor Urut 12 PARTAI AMANAT NASIONAL ( PAN ), Nomor Urut 13 PARTAI HATI NURANI RAKYAT ( HANURA ),  Nomor Urut 14 PARTAI DEMOKRAT, Nomor Urut 19 PARTAI BULAN BINTANG ( PBB ) dan Nomor Urut 20 PARTAI KEADILAN DAN PERSATUAN INDONESIA ( PKPI ).

 

 

Senada dengan yang di sampaikan  Ketua KPU kota singkawang, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie  berharap agenda pemilu 2019 adalah tanggung jawab bersama , bukan hanya KPU saja yang berkewajiban mensukseskan pemilu 2019, namun semua pihak . Beliau mengatakan sangat mendukung upaya KPU Kota singkawang dalam mensosialisasikan Pemilu 2019 melalui pagelaran seni dan budaya. Ia berharap dengan adanya acara tersebut dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat kota singkawang agar tidak Golput.

Adapun pagelaran Seni dan Budaya pada malam itu disi dengan hiburan berupa ; Pembacaan Puisi berjudul “ Sadar Pemilu “ , Drama komedi berjudul “ Pemilih Berdaulat Negara Kuat “ yang dibawakan oleh Tebs Comunity Singkawang Serta Penampilan tari kreasi daerah bertema “NKRI”  dari Sanggar Seni Simpur Kota Singkawang dan ditutup dengan Pembagian Doorprice bagi Penonton yang hadir dalam kegiatan malam itu.